Naiknya jumlah masyarakat kelas menengah menambah keyakinan PT Bursa Efek Indonesia yang menargetkan investor domestik tahun 2012 sedikitnya 2,3 juta orang dari 1,1 juta saat ini. Dibandingkan dengan investor pasar modal di kawasan Asia, kita masih kalah dari sisi jumlah. Di India sudah 20 juta. Malaysia mencapai 5 juta.

Bursa Efek Indonesia (BEI) dan regulator lain di pasar modal (SRO) tak tinggal diam untuk menambah jumlah investor domestik. BEI antara lain punya forum calon investor, pertemuan bisnis, forum investor, sekolah pasar modal, mendirikan pusat informasi pasar modal (PIPM) , dan bersama Perhimpunan Pendidikan Pasar Modal Indonesia (P3MI) mendirikan Institut Pasar Modal Indonesia (TICMI).

BEI sedang mempersiapkan peresmian empat PIPM baru, yaitu di Medan, Banda Aceh, Bandung dan Jayapura. Sehingga nantinya PIPM akan berada di 17 kota di Indonesia.

Selama periode Januari Juli 2011, Sekolah Pasar Modal juga telah digelar di 13 kota telah dilaksanakan sebanyak 32 gelombang dengan total jumlah peserta 1.440 orang.

Khusus TICMI diselenggarakan untuk mengejar jumlah investor dan pelaku pasar. Kita sudah menyadari kekurangan sumber daya manusia, terlebih karena ada tuntutan lisensi untuk bidang-bidang khusus di pasar modal. Dari sanalah kemudian muncul TICMI.

Saat ini, TICMI merupakan satu-satunya lembaga pendidikan dan pelatihan pasar modal yang juga menyelenggarakan ujian sertifikasi profesi pasar modal di Indonesia. Selain TICMI, sebelumnya ada Panitia Standar Profesi. Ditargetkan TICMI mampu melahirkan lulusan rata-rata 100 orang pertahun.

Ini akan menambah jumlah pemegang lisensi di pasar modal yang menurut data Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan rata-rata per tahun bertambah sekitar 500 orang.

Ada informasi, BEI bersama SRO akan mengumpulkan 10.000 orang dalam satu acara khusus bertajuk Gerakan Cinta Pasar Modal di awal tahun depan. Ini diharapkan menjadi momentum pertumbuhan investor. Program-program sejenis dan yang sudah ada bakal ditunjang dengan pertumbuhan perekonomian menjadi akselerator tersendiri bagi penambahan jumlah investor di pasar modal nasional.

Sumber : http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2011/11/02/10522550/Kelas.Menengah.dan.Peluang.Pasar.Modal.