1.SEBUTKAN APA FUNGSI MANAJEMEN & APLIKASIKAN PADA DIRI ANDA SEBAGAI SEORANG MAHASISWA SERTA APA MANFAATNYA

Fungsi manajemen adalah
1. Fungsi Perencanaan, perencanaan adalah suatu kegiatan yang membuat rencana untuk mencapai tujuan tertentu, aplikasikan diri : di dalam kelas ada struktur yang terdiri dari ketua kelas, yang bertugas untuk menentukan tujuan dalam kelas supaya menjadi kelas yang terbaik.
2. Fungsi Pengorganisasian, pengorganisasian adalah suatu kegiatan pembagian tugas untuk menjalankan rencana yang telah ditetapkan serta menggapai tujuan tertentu, aplikasi diri : Ketua kelas membagikan tugas kepada anggota, pembagian tugas piket kepada anggota supaya kelas menjadi bersih dan menjadi kelas yang terbaik.
3. Fungsi Pengarahan, pengarahan adalah suatu fungsi kepemimpinan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja secara maksimal serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat, dinamis, dan lain sebagainya. Aplikasi diri : Ketua kelas memberi pengarahan atau membimbing anggotanya yang belum mengerti akan tugas yang diberikan ketua kelas kepada anggotanya yang belum mengerti tersebut supaya bisa mengerjakan dengan baik, dan menjadikan kelas nya sebagai kelas yang terbaik.
4. Fungsi Pengendalian (Controling), pengendalian adalah suatu aktivitas menilai kinerja berdasarkan standar yang telah dibuat untuk kemudian dibuat perubahan atau perbaikan jika diperlukan. Aplikasi diri : Ketua kelas mengontrol atau menilai kinerja para anggota dikelas apakah pekerjaan yang sudah dibagi dikerjakan dengan baik atau tidak, jika masih ada yang kurang bagus dibuat perbaikan supaya menjadi kelas yang terbaik.

2.BAGAIMANA LATAR BELAKANG SEJARAH MANAJEMEN

LATAR BELAKANG SEJARAH MANAJEMEN
Sejak buku karangan Frederick W. Taylor berjudul The Pinciples of Scientific Management, tahun 1911, Taylor dikenal sebagai Bapak Manajemen ilmiah. Dalam bukunya Taylor mengemukakan beberapa prinsip dalam melakukan pekerjaan, yaitu :
1. Semua pekerjaan dapat diobservasi dan dianalisis guna menentukan cara terbaik untuk menyelesaikannya.
2. Orang tepat untuk memangku jabatan dapat dipilih dan dilatih secara ilmiah.
3. Kita dapat menjamin bahwa cara terbaik tersebut diikuti dengan menggaji pemegang jabatan dengan dasar insentif, yaitu menyamakan gaji dengan hasil kerjanya.
4. Menempatkan manajer dalam perencanaan, persiapan dan pemeriksaan pekerjaan.

3.SEBUT & JELASKAN CIRI2 KETRAMPILAN YG DIBUTUHKAN MANAJER PROFESIONAL

Seorang manajer professional harus memiliki ketrampilan yang berkaitan dengan hubungan anar pribadi, informasi dan pengambilan keputusan.

Yang berkaitan dengan hubungan antar pribadi :
1.Pemimpin lambang (figurehead)
Kepala simbolis : diperlukan untuk menjalankan sejumlah kewajiban rutin yang bersifat legal dan sosial.
2.Pemimpin (leader)
Bertanggung jawab untuk memotivasi dan mengaktifkan para bawahan : bertanggung jawab untuk mengisi posisi yang kosong, melatih dan tugas-tugas terkait.
3.Penghubung (liaison) : memelihara suatu jaringan kontak luar yang berkembang sendiri yang memberikan dukungan maupun informasi.

Yang berkaitan dengan informasi :
1. Pemantau (monitor) : sebagai pusat saraf informasi internal dan eksternal tentang organisasi
2.Penyebar (disseminator) : meneruskan informasi yang diterima dari orang luar atau dari bawahan kepada anggota organisasi.
3.Juru bicara ( spokesperson ) : meneruskan informasi kepada orang luar mengenai rencana, kebijakan, tindakan, dan hasil organisasi berkaitan dengan pengambilan keputusan.

Yang berkaitan dengan pengambilan keputusan :
1.Wirausaha ( entrepreneur ) : mencari kesempatan dalam organisasi dan lingkungannya serta memprakarsai “proyek-proyek perbaikan “ untuk menimbulkan perubahaan.
2.pengendali gangguan ( disturbance handler ) : bertanggung jawab atas tindakan korektif bila organisasi menghadapi gangguan mendadak dan penting.
3.pengalokasi sumber daya ( resource allocator ) : bertanggung jawab terhadap alokasi segala sumber daya organisasi.
4.perundingan ( negotiator ) : mewakili organisasi pada perundingan-perundingan utama.

4.APA ITU ORGANISASI & SEBUTKAN ELEMEN2NYA

Organisasi adalah suatu proses tersusun yang orang-orangnya berinteraksi untuk mencapai tujuan.

3 Elemen Organisasi yaitu
1. Interaksi manusia
2. Kegiatan yang mengarah pada tujuan
3. Struktur organisasi itu sendiri